Monday, August 22, 2016

Belajar Memprogram Dan Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar Memprogram dan Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar memprogram adalah belajar tentang metode logis penyelesaian masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
Sedangkan belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakai suatu bahasa aturan-aturan tata bahasanya, pernyatan-pernyataannya, tata cara pengoperasian compiler-nya, dan memanfaatkan pernyataan-pernyataan tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.

Bahsa rakitan (Assembly), Fortron, Cobol, Ada, PL/I, Algol, Pascal, C, C++, Basic, Prolog, LISP, PRG, Bahasa-bahasa simulasi seperti CSMP, Simscript, GPSS, dan Dinamo. Bahasa pemrograman dapat digolongkan atas dua kelompok besar, yaitu :

  1. Bahasa Pemrograman Bertujuan Khusus
  2. Bahasa Pemrograman Bertujuan Umum
  • Bahasa Pemrograman Bertujuan Khusus
Yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (Untuk terapan bisnis dan administrasi), Fortron (Terapan komputasi ilmiah), Bahasa rakitan (Terapan pemrograman mesin), Prolog (Terapan kecerdasan buatan), Bahasa-bahasa simulasi, dan sebagainya.


  • Bahasa Pemrograman Bertujuan Umum
Yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Contohnya Bahasa Pascal, Basic, dan C.


Saran Saya Bagi Yang Ingin Mempelajari Bahasa Pemrograman

Bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, khususnya yang menghasilkan tampilan (Bukan teks) lebih baik kalian mempelajari Bahasa Visual Basic. Karena Visual Basic itu lebih mudah penggunaannya bagi kalian yang masih awam. Dan Aplikasi Viusal Basic yang digunakan adalah versi 6.0.
Load disqus comments

0 comments