Wednesday, August 24, 2016

Pengertian Peradaban (Civilization)

Pengertian Peradaban (Civilization)

Tingkat tinggi rendahnya kebudayaan suatu masyarakat disebut peradaban. Sedangkan pengertian budaya berasal dari kata budhi dan daya, yang berarti cipta, rasa, karsa.


Dalam bahasa sanskerta, budaya berasal dari kata buddhayah, budhi berarti akal/culutre dalam bahasa Belanda, dalam bahasa Latin colera yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan tanah/segala daya aktivitas manusia untuk mengolah alam.

Definisi budaya menurut beberapa pakar, yaitu :
1. Kroeber dan Kluckhohn (1952)
Pola eksplisit dan implisit perilaku yang dipelajari dan diwariskan melalui simbol-simbol yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudannya dalam benda-benda budaya.

2. Kroeber (1948)
Keseluruhan realisi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan serta perilaku yang ditimbulkannya.

3. Ralph Linton (1940)
Kebudayaan yaitu sejumlah pengetahuan, sikap dan kebiasaan berperilaku yang terpola dan dimiliki serta diwariskan oleh masyarakat.

4. E.B Taylor (1871)
Budaya adalah suatu kesuluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lain yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

5. Koentjaraningrat (1979)
Budaya yaitu keseluruhan sistem/gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan untuk diri manusia dengan belajar.

6. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi (1964)
Budaya yaitu semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

7. KI Hajar Dewantara
Budaya yaitu keseluruhan dair hasil, cipta, rasa dan karsa manusia dalam kehidupan masyarakat didalamnya mengandung nilai-nilai intelektual, moral, etika dan estetika.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan, kebudayaan berbeda dengan peradaban. Peradaban berasal dari kata adab yang berarti kesopanan, kehormatan atau tata krama, sehingga menurut Sidi Gazalba (1961), peradaban yaitu suatu bentuk dan sistem kehidupan sosial yang telah memiliki unsur-unsur kata.

Menurut Koentjaraningrat, peradaban adalah bagian-bagian kebudayaan yang mengandung ilmu pengetahuan, teknologi, arsitektur, kesenian, hukum sistem kenegaraan dan sistem organisasi sosial masyarakat kota yang maju dan kompleks. Peradaban inilah yang membedakan masyarakat maju dengan masyarakat yang terbelakang (tradisional) dan berkembangnya jauh lebih cepat daripada kebudayaan.
Load disqus comments

0 comments