Sunday, August 21, 2016

Pengertian RAM dan ROM Pada Memori

A. Pengertian Random Access Memory (RAM)
     RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara. Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM. Yang dapat di akses secara acak (dapat diisi, ditulis, diambil ataupun dihapus isinya) Oleh pemrogram.

Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu :

  1. Input Storage : Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
  2. Program Storage : Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di akses.
  3. Working Storage : Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dari hasil pengolahan.
  4. Output Storage : Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
     Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di Input Storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindah ke Program Storage, dan bila berupa bentuk data maka akan dipindahkan ke Working Storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di Working Storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke Output Storage.


B. Pengertian Read Only Memory (ROM)
    Sesuai dengan namanya, ROM hanya dapat membaca sehingga program tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk penampilan karakter di layar. Pengisian tomol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Bootstrap program diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa Cold Booting atau Warm Booting.
Load disqus comments

0 comments