Monday, August 22, 2016

Sejarah Kepramukaan Dunia

Sejarah Kepramukaan Dunia

Diawali dengan sebuah gerakan yang dipelopori oleh seorang yang bernama Robert Stephenson Smyth. Beliau lahir tanggal 22 Februari 1857 di London, Inggris. Anak dari Baden Powell seorang professor geometri Universitas Oxford. Namun Baden Powell meninggal ketika Stephenson masih kecil. Robert Stephenson Smyth kemudian lebih dikenal dengan "Baden Powell". Dalam hidupnya memberikan pengaruh pada kegiatan kempramukaan yang dirintisnya. Dan pengalaman pengembaraan tersebut ditulis dalam buku "AIDS To Scouting". Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade dari berbagai wilayah di Inggris.

Kemudian mereka diajak berkemah dan berlatih di pulau Brown Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari. Pada tahun 1908 Baden Powell kembali menulis pengalamannya yang dibuat dibuku yang berjudul "Scouting For Boys". Buku ini cepat tersebar di Inggris dan di negara-negara lainnya. Kemudian berdirilah organisasi kepramukaan untuk laki-laki dengan nama "Boys Scout". Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan Baden Powell yang bernama "Agness", lalu didirikan organisasi kepramukaan untuk perempuan yang bernama "Girl Guides" yang kemudian diteruskan oleh istri Baden Powell.

Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama "Cob (Anak Serigala)" dengan buku "The Jungle" buku kenangan dari "Rudyard Kipling" sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang "Mowglisi" anak rimba yang dipelihara oleh serigala didalam hutan. Tahun 1918 Baden Powell membentuk "Rover Scout" bagi mereka yang berusia 17 tahun. Tahun 1920 diselenggarakan "Jambore Dunia" yang pertama di "Olypiadholi", London. Beliau mengundang gerakan pramuka dari 27 negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout Of The World).

Baden Powell mendapat sebidang tanah dari sahabatnya yang bernama "W.F. De Bois Maclarreri", di Chingdord dan kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan pembina pramuka dengan nama "Gil Well Park". Tahun 1910 Baden Powell pensiun dari tentara. Pada tahun 1912 beliau menikah dengan Olavest Clair dan dianugrahi 3 orang anak. Anak beliau mendapat gelar "Lord" dari raja "George" pada tahun 1929. Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Anyeri, Kenya, Afrika.
Load disqus comments

0 comments