Tuesday, August 23, 2016

Strategi Permainan Sepak Bola Yang Ampuh Part 1


Strategi Permainan Sepak Bola Part 1

Posisi pemain sepak bola sangat berkaitan dengan formasi yang digunakan. Formasi permainan meliputi barisan pertahanan, barisan penghubung dan barisan penyerang. Sistem permainan yang sering digunakan dalam permainan sepak bola berkaitan dengan posisi pemain, antara lain, yaitu :


      1. Formasi W-M
Pengertian WM adalah jika formasi pemain-pemain pada diagram ditarik garis dari barisan penyerang nomor 7, 8, 9, 10, 11, maka akan membentuk huruf W, sedangkan penarikan garis pada formasi pemain belakang nomor 2, 6, 5, 4, 3, merupakan huruf M. Ciri utama formasi WM adalah poros halang yang merupakan palang pintu didepan gawang yang juga sebagai koordinator pertahanan yang lebih banyak andilnya dalam menjebak off-side pemain lawan.

      2. Formasi 1-4-2-4
Ciri utama dari sistem 1-4-2-4 adalah adanya dua poros halang didepan gawang yang merupakan palang pintu pertahanan. Dua back kanan dan kiri ditambah dengan dua gelandang menjadikan enam pemain tersebut merupakan perpaduan yang sukar ditembus oleh pemain lawan.
Cara melakukan formasi ini adalah :

  • Empat barisan belakang merupakan suatu pertahanan yang baik untuk menjaga gawangnya. Dua center back bermain saling bersisihan dan saling menolong. Salah satu dari mereka maju apabila temannya melakukan serangan.
  • Kedua full back masing-masing bertugas untuk melindungi kedua center back dan harus mempunyai kemungkinan untuk membantu melakukan penyerangan secara aktif.
  • Kedua pemain tengah harus bekerja keras untuk beroperasi pada lapangan yang mempunyai radius yang luas. Mereka dikonsentrasikan untuk membangun serangan-serangan dan bertahan. Tergantung pada situasi permainan, kemungkinan lebih banyak bertahan atau menyerang.
  • Keempat barisan depan dipersiapkan terutama untuk penyerangan. Kedua sayap turut serta di dalam membangun serangan yang dimulai dari lapangan tengah. Mereka dapat merusak pertahanan lawan dengan cara sering melakukan perpindahan tempat dan mencoba untuk melakukan permulaan aksi dari pemain lainnya.
      3. Formasi 1-4-3-3
Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Kerja sama atau saling pengertian antara barisan pertahanan ketiga pemain tengah (Penghubung). Koordinasi antara kedua full back dengan ketiga pemain tengah untuk menyerang dan membuat kejutan bagi pertahanan lawan.
  • Biasanya ketiga ujung tombak hanya mengambil bagian di dalam pertahanan lawan jika lawan mereka menyerang. Mereka akan menekan pertahanan lawan dan akan menggunakan kesempatan untuk membuat gol.
Load disqus comments

0 comments