Thursday, August 25, 2016

Unsur Kebudayaan Secara Global

Unsur Kebudayaan

Ada tujuh unsur kebudayaan unviersal (universal culture), ketujuh unsur kebudayaan tersebut dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di mana pun kebudayaan tersebut berada dan kapanpun kebudayaan tersebut ada.

Ketujuh unsur kebudayaan unversal tersebut, yaitu :

  1. Sistem peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi)
  2. Sistem mata pencaharian hidup
  3. Sistem kemsyarakatan atau organisasi sosial
  4. Bahasa
  5. Kesenian
  6. Sistem pengetahuan
  7. Sistem religi
Unsur-unsur kebudayaan dapat dipecah ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil sampai yang terkecil. Unsur kebudayaan dari yang terbesar sampai yang terkecil tersebut adalah sebagai berikut :
  • Items (unsur terkecil)
Unsur terkecil yang tidak bisa diuraikan dan dijelaskan lagi.
Contoh : bajak yang terdiri dari tiang penarik, pisau bajak dan kemudi.
  • Traits (unsur perlengkapan yang lebih kecil)
Unsur perlengkapan yang lebih kecil daripada kompleks unsur-unsur dan masih bisa diuraikan lagi satu per satu.
Contoh : Dalam kerangka kompleks unsur-unsur bajak dalam pertanian, unsur-unsur perlengkapannya terdiri atas bajaknya sendiri, orang yang menggerakkan dan binatang yang menjadi penarik bajak.
  • Cultural Activity (kegiatan kebudayaan setempat)
Kegiatan kebudayaan ini hanya terdapat pada suatu kelompok pergaulan hidup manusia di suatu tempat yang tidak selalu dapat dijumpai pada kelompok di tempat lain dalam keadaan yang sama.
Contoh : Dalam sistem mata pencaharian hidup, terdapat kebudayaan berburu dan meramu, menangkap ikan, pertanian dan sebagainya.
  • Trait Complexes (kompleks unsur-unsur yang rumit)
Suatu kebudayaan yang lebih kecil daripada kegiatan kebudayaan setempat. Trait complexes dimaksudkan sebagai alat-alat yang melengkapi kegiatan kebudayaan.
Contoh : Dalam rangka kebudayaan pertanian terdapat kompleks unsur-unsur seperti, irigasi, sistem pengolahan tanah dengan bajak dan sebagainya.
  • Cultural Universal (kebudayaan semesta)
Cultural universal diterjemahkan menjadi kebudayaan yang universal atau kebudayaan semesta, merupakan unsur-unsur terbesar dalam suatu kerangka kebudayaan yang dapat dijumpai pada setiap kelompok pergaulan hidup manusia di mana pun berada di dunia ini.
Contoh : Tujuh unsur kebudayaan.
Load disqus comments

0 comments