Tuesday, November 8, 2016

Jenis-jenis Jaringan Komputer Terlengkap

Jenis-jenis Jaringan Komputer

A.  Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Jaringan jenis ini biasanya menghubungkan antar komputer satu dengan lainnya atau bisa juga node satu dengan node lainnya. Daerah jangkauan LAN tidak terlalu jauh. Misal, dalam suatu ruangan atau area dengan radius antara 100 m sampai 2.000 m tergantung dari jenis kabel yang digunakan.

Penerapan jaringan jenis ini biasanya dibangun untuk perkantoran skala kecil atau Usaha Kecil Menengah (UKM). Jika diterapkan pada perusahaan besar maka penggunaannya hanya akan diletakkan dalam ruang lingkup kecil, seperti perruang atau perkantor.

Kecepatan pada jaringan jenis ini relatif tinggi, yaitu mulai 1, 10, 100, sampai 1000 Mbps. Jika dilihat dari segi kecepatannya, tidak hanya transfer teks saja yang dapat didukung tetapi transfer data berupa grafis, audio dan video juga dapat dilakukan dengan cepat.

Jika tersedia dua buah komputer dengan masing-masing memiliki Network Interface Card (NIC) atau kartu jaringan (LAN CARD) yang terintegrasi dengan suatu sistem operasi yang mendukung jaringan komputer, dapat dikatakan bahwa kita telah membuat sebuah jaringan lokal.

Jaringan lokal tidak terlalu sulit dalam perawatannya dikarenakan terminal yang digunakan belum terlalu banyak, serta cakupan area yang masih kecil sehingga seorang teknisi jaringan komputer tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam memperbaiki serta merawat jaringannya.

B.  Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang memiliki area lebih besar dari LAN, biasanya antar wilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.

Jika suatu instansi atau perusahaan memiliki cabang dalam kota atau provinsi dengan jarak antara 10-50 km, dan setiap cabang saling berhubungan untuk bertukar data dan informasi, maka jaringan ini disebut jaringan MAN.

Ada dua pilihan untuk membuat jaringan metropolitan ini, yaitu:
  1. Kita menggunakan jasa perusahaan komunikasi untuk dapat menghubungkan antara kantor cabamg dengan kantor cabang atau kantor cabang dengan kantor pusat.
  2. Kita menggunakan teknologi wireless yang di setiap kantor sudah dipasangkan antena wireless lalu dihubungkan ke dalam satu jaringan.
Ini semua tergantung dari aplikasi dan penggunaan dari setiap perusahaan tersebut, apakah dalam aplikasinya dan penggunaannya membutuhkan kecepatan tinggi atau sekedar mengirimkan laporan-laporan data yang tidak harus dikirimkan segera.

Penggunaan jaringan MAN biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, seperti:
  • Perbankan
  • Perguruan Tinggi
  • Mini Market
Perusahaan-perusahaan di atas membutuhkan data yang terintegrasi dari berbagai terminal di tempat yang berbeda dengan jarak yang cukup jauh, sehingga kantor pusat dapat melakukan pengontrolan dan koordinasi bersama disetiap cabangnya. Ini berarti pimpinan dari perusahaan tersebut dapat berkomunikasi dan berdiskusi dengan para pimpinan di setiap cabangnya tanpa perlu pergi ke setiap kantor cabang untuk memberikan perintah dan memberikan pengumuman.

C.  Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer jenis ini merupakan gabungan dari kedua jenis jaringan di atas, yang telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh yaitu dunia.

Sebuah WAN memiliki ruang lingkup yang sangat besar dan sudah menggunakan sarana satelit, wireless, ataupun  kabel fiber optik.

Fungsi dari jaringan ini hampir sama dengan fungsi jaringan pada MAN. Untuk membangun jaringan MAN, jaringan sangat membutuhkan perpanjangan perusahaan lain untuk dapat mengkoneksikan jaringan disetiap cabangya. Dengan kata lain, jika kita ingin menggunakan jaringan WAN kita membutuhkan jaringan lain yang dimiliki oleh perusahaan yang bergerak pada bidang komunikasi, semisal: Telkom atau Indosat.

Infrastruktur yang digunakan oleh jaringan ini bisa lebih murah apabila dibandingkan dengan jaringan metropolitan. Namun, ada biaya tambahan yang harus kita bayar untuk setiap bulan atau tahun pada perusahaan komunikasi tempat kita melakukan perpanjangan infrastruktur jaringan komputer yang kita miliki.

Untuk saat ini, kecepatan transfer pada jaringan ini sangatlah rendah yaitu pada kisaran 2 Mbps (MegaBytes per Second).

Jaraknya yang sangat jauh sehingga sudah tidak memungkinkan lagi unutk menggunakan transmisi berupa kabel, maka alternatif yang digunakan dengan menggunakan VSAT (Very Small Aperture Terminal) atau dengan teknologi ISDN (Integrated Service Digital Network).
Load disqus comments

0 comments